PENGARUH PERDAGANGAN INTERNASIONAL
TEHADAP PERDAGANGAN DALAM NEGERI ; USAHA KECIL dan MENENGAH
Ferry Felani
Program Studi Ilmu Hukum
Universitas Sriwijaya
Email : ferryfelani03@gmail.com
ABSTRAK
Perdagangan Internasional adalah
perdagangan yang dilakukan suatu Negara dengan Negara lain atas dasar saling
percaya dan saling menguntungkan. Perdagangan internasional tidak hanya
dilakukan oleh Negara maju saja, namun juga Negara berkembang. Perdagangan
internasional ini dilakukan melalui kegiatan ekspor impor. Penduduk yang
dimaksud dapat berupa antar perorangan (individu dengan individu), antara
individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan
pemerintah negara lain. Perdagangan internasional membawa pengaruh yang cukup
besar dalam perekonomian Indonesia.perdagangan internasional juga banyak
memberi dampak positif dan negatif dalam perekonomian Indonesia terutama pada
bidang perdagangan dalam negeri.
Kata
kunci : Perdaganan internasional, perdaganan dalam negeri, dampak perdaganan
internasional terhadap pergangan dala negeri.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perdangan
Intenasional merupakan salah satu aspek penting pendorong kemajuan suatu
negara, dalam setiap kerja sama perdagangan
internasional yang dilakukan Indonesia dengan negara lain harus mengandung
prinsip saling menguntungkan. Yang salah satunya adalah meningkatkan pendapatan
negara. Melalui perdagangan internasional akan diperoleh devisa yang merupakan
salah satu sumber penerimaan negara. Semakin besar ekspor kita maka semakin
besar pula devisa yang diperoleh. Dengan meningkatnya pendapatan negara maka
pembangunan dapat terlaksana dengan baik dan kebutuhan negara akan dapat
terpenuhi.
Perdaganan internasional juga
berpengaruh terhadap perdaganan dalam negeri. Salah satunya karena Mengingat
banyaknya persaingan dari negara-negara lain dalam perdagangan internasional
maka hal itu mendorong setiap negara untuk meningkatkan kualitas produk agar
sesuai dengan standar mutu internasional dengan cara menerapkan ilmu
pengetahuan dan tehnologi dalam proses produksinya sehingga dapat bersaing di
pasar internasional. Misalnya dengan mengganti peralatan/mesin industri dengan
yang lebih modern dan bertehnologi.
Meskipun kontribusinya terhadap
ekspor Indonesia tidak terlalu besar, usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan
unit usaha yang paling banyak menyerap kesempatan kerja dan mempunyai jumlah
unit usaha yang terbanyak pula. Usaha kecil dan menengah juga melayani
kebutuhan masyarakat menengah ke bawah dalam batas-batas tertentu.
Perdagangan
internasioal berimbas terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM) yang
ada di Indonesia, dengan adanya Perdagangan internasional yang masuk ke
Indonesia, membuat pasar dalam negeri menjadi lesu karena masyarakat
Indonesia lebih memilih dan suka terhadap produk luar. Dan setiap tahun
dampak perdagangan internasional terhadap UKM Indonesia meningkat, hal ini
disebabkan masih rendahnya daya saing produk asli Indonesia dibandingkan dengan
produk luar yang memiliki kualitas yang bagus.
Di Indonesia,
UKM merupakan sumber mata pencarian penduduk. Dengan kata lain UKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. UKM di
Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang produk domestik bruto (PDB) dangan
menampung tenaga kerja.
Tetapi akses ke lembaga keuangan sangat terbatas baru 13 juta pelaku UKM yang mendapat
akses ke lembaga keuangan. Pemerintah Indonesia, membina UKM melalui Dinas
Koperasi dan UKM, di masing-masing Provinsi atau Kabupaten/Kota.
1.2
Rumusan
Masalah
1. Apa
yang dimaksud dengan perdagangan internasional ?
2. Apakah
dampak positif dan negatif perdaganan internasional terhadap perdaganan dalam
negeri (UKM) ?
1.3
Tujuan
1
Mengetahui apa yang dimaksud dengan perdagangan
internasional.
2
Mengetahui dampak negatif dari perdagangan
internasional yang terjadi sekarang ini terhadap perdaganan dalam negeri (UKM)
di Indonesia.
1.4
Manfaat Penulisan
1. Bagi
penulis
Manfaat bagi penulis adalah sebagai pemenuhan tugas Ekonomi
Internasional. Selain itu penulis juga dapat mengerti menegnai perdagangan
internasional dan dampaknya terhadap usaha kecil dan meneggah yang ada di
indonesia
2. Bagi
pembaca
Makalah ini diharapkan dapat menambah wawasan para pembaca tentang apa
itu perdagangan internasional dan dampak negatifnya terhadap UKM di
Indonesia. Bagi masyarakat, semoga makalah ini dapat bermanfaat sebagai
pengayomanan dalam rangka mengembangkan UKM sebagai peran yang srategis dalam
pembangunan ekonomi nasional. Bagi Kalangan Akademisi, semoga makalah ini
dapat menjadi bahan pembelajaran tambahan atau pun acuan resensi selanjutnya.
Bagi pemerintah, semoga makalah ini menjadi pertimbagan untuk menetapkan
kebijakan-kebijakan yang mengacu pada nilai-nilai ideologis sebagaimana tertera
pada pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alenia ke-IV. Pemerintah perlu
meningkatkan perannya dalam memberdayakan UKM disamping mengembangkan kemitraan
usaha yang saling menguntungkan antara pengusaha besar dengan pengusaha kecil,
dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya. Bagi peneliti, semoga
makalah menjadi bahan kajian tambahan guna penelitian selanjutnya.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1
Perdagangan
Internasional
A.
Pengertian
Perdagangan Internasional
Perdagangan
internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk
suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama.
Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu),
antara individu dengan pemerintah
suatu negara atau pemerintah suatu negara
dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional
menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP.
Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun (lihat Jalur Sutra, Amber
Road), dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial,
dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional
pun turut mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan
multinasional.. Perdagangan internasional tidak hanya
dilakukan oleh Negara maju saja, namun juga Negara berkembang. Perdagangan
internasional ini dilakukan melalui kegiatan ekspor impor.
B. Teori Perdagangan Internasional
1.
Menurut Amir
M.S., bila dibandingkan dengan pelaksanaan perdagangan di dalam negeri, perdagangan internasional sangatlah rumit dan kompleks.
Kerumitan tersebut antara lain disebabkan karena adanya batas-batas politik dan
kenegaraan yang dapat menghambat perdagangan, misalnya dengan adanya bea,
tarif, atau quota barang impor. Selain itu, kesulitan lainnya timbul karena
adanya perbedaan budaya, bahasa, mata uang, taksiran dan timbangan, dan hukum
dalam perdagangan.
2.
Model Adam Smith ini
memfokuskan pada keuntungan
mutlak yang menyatakan bahwa suatu negara akan memperoleh keuntungan
mutlak dikarenakan negara tersebut mampu memproduksi barang dengan biaya yang
lebih rendah dibandingkan negara lain. Menurut teori ini jika harga barang
dengan jenis sama tidak memiliki perbedaan di berbagai negara maka tidak ada
alasan untuk melakukan perdagangan internasional.
3.
Model Ricardian memfokuskan
pada kelebihan
komparatif dan mungkin merupakan konsep paling penting dalam teori
pedagangan internasional. Dalam Sebuah model Ricardian, negara mengkhususkan
dalam memproduksi apa yang mereka paling baik produksi. Tidak seperti model
lainnya, rangka kerja model ini memprediksi dimana negara-negara akan menjadi
spesialis secara penuh dibandingkan memproduksi bermacam barang komoditas.
Juga, model Ricardian tidak secara langsung memasukan faktor pendukung, seperti
jumlah relatif dari buruh dan modal dalam negara.
4. Model Heckscher-Ohlin Model Heckscgher-Ohlin dibuat sebagai alternatif dari model Ricardian dan dasar kelebihan komparatif. Mengesampingkan kompleksitasnya yang jauh lebih rumit model ini tidak membuktikan prediksi yang lebih akurat. Bagaimanapun, dari sebuah titik pandangan teoritis model tersebut tidak memberikan solusi yang elegan dengan memakai mekanisme harga neoklasikal kedalam teori perdagangan internasional.
5. Faktor Spesifik dalam model ini, mobilitas buruh
antara industri satu dan yang lain sangatlah mungkin ketika modal tidak
bergerak antar industri pada satu masa pendek. Faktor spesifik merujuk ke
pemberian yaitu dalam faktor spesifik jangka pendek dari produksi, seperti modal
fisik, tidak secara mudah dipindahkan antar industri.
6. Model gravitasi perdagangan menyajikan sebuah
analisis yang lebih empiris dari pola perdagangan dibanding model yang lebih
teoritis diatas. Model gravitasi, pada bentuk dasarnya, menerka perdagangan
berdasarkan jarak antar negara dan interaksi antar negara dalam ukuran
ekonominya. Model ini meniru hukum gravitasi Newton yang juga memperhitungkan
jarak dan ukuran fisik di antara dua benda. Model ini telah terbukti menjadi
kuat secara empiris oleh analisis ekonometri. Faktor lain seperti tingkat
pendapatan, hubungan diplomatik, dan kebijakan perdagangan juga dimasukkan
dalam versi lebih besar dari model ini.
2.2
Definisi Usaha Kecil Menengah (UKM) di
Indonesia
Beberapa lembaga atau instansi bahkan undang – undang memberikan definisi Usaha Kecil Menengah
(UKM), diantaranya adalah Kementrian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah
(Menegkop dan UKM), Badan Pusat Statistik (BPS), Keputusan Menteri Keuangan
No.0316/KMK.016/1994 tanggal 27 Juni
1994, dan UU No. 20 Tahun 2008. Definisi UKM yang disampaikan berbeda-beda
antara satu dengan yang lainnya. Menurut Kementrian Menteri Negara Koperasi dan
Usaha Kecil Menengah (Menegkop dan UKM), bahwa yang dimaksud dengan Usaha Kecil
(UK), termasuk Usaha Mikro (UMI), adalah entitas usaha yang mempunyai memiliki
kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000, tidak termasuk tanah dan bangunan
tempat usaha, dan memiliki penjualan tahunan paling banyak Rp 1.000.000.000.
Sementara itu, Usaha Menengah (UM) merupakan entitas usaha milik warga negara
Indonesia yang memiliki kekayaan bersih lebih besar dari Rp 200.000.000 s/d. Rp
10.000.000.000, tidak termasuk tanah dan bangunan. Berdasarkan Keputuasan
Menteri Keuangan Nomor 316/KMK.016/1994
tanggal 27 Juni 1994, usaha kecil didefinisikan sebagai perorangan atau badan
usaha yang telah melakukan kegiatan/usaha yang mempunyai penjualan/omset per
tahun setinggi-tingginya Rp 600.000.000 atau aset/aktiva setinggi-tingginya Rp
600.000.000 (di luar tanah dan bangunan yang ditempati) terdiri dari : (1)
badang usaha (Fa, CV, PT, dan koperasi) dan (2) perorangan (pengrajin/industri
rumah tangga, petani, peternak, nelayan, perambah hutan, penambang, pedagang
barang dan jasa).
2.3
Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia
UKM di negara berkembang, seperti di Indonesia, sering dikaitkan dengan
masalah-masalah ekonomi dan sosial dalam negeri seperti tingginya tingkat
kemiskinan, besarnya jumlah pengangguran, ketimpangan distribusi pendapatan,
proses pembangunan yang tidak merata antara daerah perkotaan dan perdesaan,
serta masalah urbanisasi. Perkembangan UKM diharapkan dapat memberikan
kontribusi positif yang signifikan terhadap upaya-upaya penanggulangan
masalah-masalah tersebut di atas.
Karakteristik UKM di Indonesia, berdasarkan penelitian yang dilakukan
oleh AKATIGA, the Center for Micro and Small Enterprise
Dynamic (CEMSED), dan the Center for Economic and Social
Studies (CESS) pada tahun 2000, adalah mempunyai daya tahan untuk
hidup dan mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kinerjanya selama krisis
ekonomi. Hal ini disebabkan oleh fleksibilitas UKM dalam melakukan penyesuaian
proses produksinya, mampu berkembang dengan modal sendiri, mampu mengembalikan
pinjaman dengan bunga tinggi dan tidak terlalu terlibat dalam hal
birokrasi. Usaha Kecil dan
Menengah (UKM) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi
nasional, oleh karena selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan
tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan. Dalam
krisis ekonomi yang terjadi di negara kita sejak beberapa waktu yang lalu,
dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti
aktifitasnya, sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terbukti lebih tangguh
dalam menghadapi krisis tersebut. Mengingat pengalaman yang telah dihadapi oleh
Indonesia selama krisis, kiranya tidak berlebihan apabila pengembangan sektor
swasta difokuskan pada UKM, terlebih lagi unit usaha ini seringkali terabaikan
hanya karena hasil produksinya dalam skala kecil dan belum mampu bersaing
dengan unit usaha lainnya.
Pengembangan UKM perlu mendapatkan perhatian yang besar baik dari
pemerintah maupun masyarakat agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama
pelaku ekonomi lainnya. Kebijakan pemerintah ke depan perlu diupayakan lebih
kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya UKM. Pemerintah perlu meningkatkan
perannya dalam memberdayakan UKM disamping mengembangkan kemitraan usaha yang
saling menguntungkan antara pengusaha besar dengan pengusaha kecil, dan
meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya.
Pengembangan terhadap sektor swasta merupakan suatu hal yang tidak
diragukan lagi perlu untuk dilakukan. UKM memiliki peran penting dalam
pengembangan usaha di Indonesia. UKM juga merupakan cikal bakal dari tumbuhnya
usaha besar. “Hampir semua usaha besar berawal dari UKM. Usaha kecil menengah
(UKM) harus terus ditingkatkan (up grade) dan aktif agar dapat maju dan
bersaing dengan perusahaan besar. Jika tidak, UKM di Indonesia yang merupakan
jantung perekonomian Indonesia tidak akan bisa maju dan berkembang.
Satu hal yang perlu diingat dalam pengembangan UKM adalah bahwa
langkah ini tidak semata-mata merupakan langkah yang harus diambil oleh
Pemerintah dan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah. Pihak UKM sendiri
sebagai pihak yang dikembangkan, dapat mengayunkan langkah bersama-sama dengan
Pemerintah. Selain Pemerintah dan UKM, peran dari sektor Perbankan juga sangat
penting terkait dengan segala hal mengenai pendanaan, terutama dari sisi pemberian
pinjaman atau penetapan kebijakan perbankan.
UKM di Indonesia dapat bertahan di masa krisis ekonomi disebabkan oleh 4
(empat) hal, yaitu :
1.
Sebagian UKM menghasilkan barang-barang konsumsi (consumer
goods), khususnya yang tidak tahan lama,
2.
Mayoritas UKM lebih mengandalkan pada non-banking
financing dalam aspek pendanaan usaha,
3.
Pada umumnya UKM melakukan spesialisasi produk yang
ketat, dalam arti hanya memproduksi barang atau jasa tertentu saja, dan
4.
Terbentuknya UKM baru sebagai akibat dari banyaknya
pemutusan hubungan kerja di sektor formal.
UKM di Indonesia mempunyai peranan yang penting sebagai penopang
perekonomian. Penggerak utama perekonomian di Indonesia selama ini pada
dasarnya adalah sektor UKM
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Sejarah Perkembangan Perdagangan Internasional
Pada
awal tahun 1997, Indonesia dilanda krisis ekonomi yang cukup parah. Hal ini
mengakibatkan kondisi perekonomian Indonesia tidak menentu, sehingga banyak
perusahaan yang terpaksa tutup dan menghentikan produksinya. Untuk membangun
kembali perusahaan-perusahaan tersebut, diperlukan dana yang cukup besar.
Pemerintah Indonesia telah menjalin kerja sama dengan IMF dan negara-negara
lain guna memperbaiki perekonomian, dan akhirnya Indonesia mampu melakukan
perdagangan Internasional dengan negara lain.
Semakin
berkembangnya perekonomian suatu negara, semakin banyak pula kebutuhan
masyarakatnya. Adakalanya tidak setiap barang yang dibutuhkan masyarakat dalam
suatu negara mampu diproduksi sendiri oleh negara tersebut.
Kegiatan
perdagangan berlaku di mana saja, baik bagi mereka yang berada di Afrika,
Antartika, maupun Indonesia sendiri. Perdagangan bisa melewati batas geogrfis
suatu negara dan bisa terjadi tanpa harus ada tatap muka antara penjual dan
pembeli. Dengan adanya perdagangan antarnegara akan menguntungkan suatu negara,
sehingga banyak negara yang melakukan perdagangan dengan negara lain.
Perdagangan
internasional itu sendiri sudah terjalin sejak masa kuno, ribuan tahun sebelum
masehi yaitu perdagangan antarkerajaan. Pada waktu itu transaksi dilakukan
dengan cara barter, meskipun ada juga yang sudah menggunakan mata uang dari
logam ataupun perak.
Sejarah
perkembangan perdagangan internasional adalah sebagai berikut :
a.
Perdagangan
Internasional Abad Pertengahan
Sejak runtuhnya kekaisaran Romawi, perdagangan Eropa
lambat laun mulai berkembang selama abad ke-12 dan abad ke-13. Untuk menjalin
keamanan perdagangan jarak jauh, para pedagang membentuk semacam asosiasi yang
melindungi pedagang bepergian ke luar negeri. Meskipun perdagangan mulai ramai,
hubungan dagang antara Asia dan Eropa masih terbatas. Alasannya, biaya
perjalanan lintas benua masih terlalu mahal, selain itu Asia menganggap Eropa
belum terlalu bernilai sebagai wilayah ekspor.
b.
Perdagangan
Internasional Masa Perang Dunia
Perdagangan internasional mengalami kemunduran
selama perang dunia, kemunduran paling parah terjadi saat krisis dunia pada
tahun 1929. Banyak perusahaan bangkrut dikarenakan minimnya transaksi ekspor
impor di Eropa dan Amerika yang memperhatikan betapa anjloknya perdagangan
Internasional saat itu. Pemulihan mulai muncul selama tahun 1930-an, namun
kembali mengalami kemunduran dengan pecahnya Perang Dunia II.
c.
Ekspansi
Perdagangan Internasional Masa Informasi
Sejak Perang Dunia II yang dilandasi dengan
perubahan dan pembaruan, upaya perubahan dilakukan berlandasan kesadaran bahwa
tidak ada negara yang sanggup memenuhi kebutuhannya sendiri, sehingga harus
bekerja sama dengan negara lain. Perkembangan kerja sama dengan negara lain diikuti
dengan perkembangan informasi yang semakin pesat seperti internet. Melalui jasa
internet, kesepakatan transaksi dapat dilakukan dari tempat yang jauh
sekalipun, dan akhirnya ekspetasi perdagangan internal semakin cepat.
3.2 Perdaganan Internasional
Perdagangan internasional
adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk
negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa
antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau
pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di
banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk
meningkatkan GDP.
Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun (lihat Jalur Sutra, Amber
Road), dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial,
dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional
pun turut mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan
multinasional.. Perdagangan internasional tidak hanya
dilakukan oleh Negara maju saja, namun juga Negara berkembang. Perdagangan
internasional ini dilakukan melalui kegiatan ekspor impor.
3.3 Dampak Perdagangan Internasional bagi Usaha Kecil dan
Menengah (UKM) di Indonesia
Meskipun kontribusinya terhadap ekspor Indonesia
tidak terlalu besar, usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan unit usaha yang
paling banyak menyerap kesempatan kerja dan mempunyai jumlah unit usaha yang
terbanyak pula. Usaha kecil dan menengah juga melayani kebutuhan masyarakat
menengah ke bawah dalam batas-batas tertentu. UKM telah memberikan
kontribusinya dalam menyumbangkan devisa, khususnya dari sektor industrinya.
Dengan adanya
perdagangan internasional akan memberikan dampak positif dan negatif bagi usaha
kecil dan menengah (UKM) di negara yang ikut dalam perdagangan internasional
tersebut. Diantara dampak yang ditimbulkan bagi Indonesia antara lain, sebagai
berikut:
1. Dampak Positif
·
Perkembangan
Penduduk
Dengan adanya perdagangan internasional, maka
daya saing pun bertambah sehingga dapat menimbulkan persaingan yang kompetitif
diantara negara-negara. Untuk itu, UKM harus
melakukan perubahan dari segi apapun, baik itu dari segi produk, pemasaran
hingga teknologi dengan cara seperti ini membuat UKM dapat bersaing dengan
produk-produk luar negeri yang kompetitif.
·
Sebagai
Tantangan Meningkatkan Kualitas Produk
Dengan adanya perdagangan internasional ini bagi
kalangan dunia usaha, khususnya untuk mereka yang memiliki usaha dengan
kualitas dan manajemen yang baik, perdagangan internasional dapat dijadikan
tantangan bagi pelaku dunia usaha yaitu bagaimana cara mereka bisa bersaing
secara sehat dengan produk-produk dari luar negeri. Sehingga pelaku usaha akan
semakin menjadikan pasar perdagangan internasional ini menjadi semangat dan
modal untuk memotivasi mereka untuk selalu meningkatkan kualitas dan harga
produk mereka sehingga bisa terjangkau oleh konsumen.
·
Peluang
Menarik Investasi
Dengan adanya
perdagangan internasional suatu negara dapat menarik investor asing untuk
menanamkan modalnya di Indonesia. Hasil dari investasi tersebut dapat diputar
lagi untuk kegiatan mengekspor
barang-barang hasil UKM ke negara-negara yang tidak menjadi peserta perdagangan
internasional.
·
Meningkatkan
Volume Perdagangan
Hal ini di motivasi dengan adanya persaingan
ketat antar produsen. Sehingga produsen maupun importir dapat meningkatkan
perdagangan yang tidak terlepas dari kualitas barang yang diproduksi oleh
sektor-sektor UKM.
2.
Dampak
Negatif
·
Menghancurkan
sektor-sektor Industri
Serbuan produk asing dapat mengakibatkan
kehancuran sektor-sektor ekonomi yang diserbu. Padahal sebelum tahun 2009
Indonesia telah mengalami proses
deindustrialisasi (penurunan industri) yang dipicu oleh penutupan sentra-sentra
usaha strategis UKM.
·
Menghambat
Daya Saing Produk
Mudah masuknya produk-produk asing yang harganya relatif murah, akan mematikan
UKM. Hal itu dapat menghambat daya saing produk-produk UKM karena masyarakat
Indonesia memiliki tingkat perekonomian yang rendah.
·
Produk
Luar Membanjiri Pasar Indonesia
Produk luar negeri bukan hanya barang-barang
modal melainkan juga barang-barang konsumsi yang harganya super murah.
Masyarakat Indonesia lebih cenderung menyukai barang yang harganya murah
walaupun masyarakat mengetahui barang tersebut bukan produk Indonesia.
·
Beralihnya
Posisi Produsen Menjadi Pedagang (Importir)
Pasar dalam negeri yang diserbu produk asing yang
memiliki kualitas dan harga yang sangat bersaing akan mendorong pengusaha dalam
negeri berpindah usaha dari produsen di sektor UKM menjadi pedagang atau
importir saja.
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Perdagangan internasional
adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk
negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa
antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau
pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain
UKM di
Indonesia mempunyai peranan yang penting sebagai penopang perekonomian.
Penggerak utama perekonomian di Indonesia selama ini pada dasarnya adalah
sektor UKM..
Oleh karena
itu melihat dampak yang sangat luar biasa merugikan tersebut sebaiknya harus
dilakukan antisipasi yang cepat dan menyeluruh. Langkah segera yang dapat
diupayakan adalah pemerintah melakukan pembatasan terhadap perdagangan
internasional itu atau minimal menundanya, terutama untuk sektor-sektor yang
belum siap. Indonesia perlu melakukan seleksi produk untuk melindungi industri
nasional. Misalnya, garmen Indonesia dibebaskan masuk ke negara lain, sementara
industri makanan dibolehkan masuk. Pemerintah mencabut pungutan retribusi yang
memberatkan dunia usaha di daerah agar industri lokal menjadi
kompetitif. Dan sekarang dengan mulainya masyarakat cinta terhadap produk
asli indonesia memberikan angin segar terhadap UKM /Industri Indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
Sumber berdasarkan buku :
Mankiw, N.
Gregory. Pengantar Ekonomi ed. Kedua Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga
Winardi. Pengantar
Ilmu Ekonomi Buku 1 Ed. VII. Bandung: Penerbit Tarsito.
Dwidjowijoto, Riant Nugroho. Reinventing
Pembangunan. Jakarta: Penerbit PT. Elex Media Komputindo.
Undang –
undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2008 tentang USAHA
MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH
Keputuasan Menteri Keuangan Nomor 316/KMK.016/1994 tanggal 27 Juni 1994
Sumber
berdasarkan media internet :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_internasional
di akses tanggal 13 November 2014
http://fileksiusgulo.wordpress.com
di akses tanggal 13 November 2014
www.Wordpress.com
di akses tanggal 13 November 2014
http://id.wikipedia.org/wiki/Usaha_Kecil_dan_Menengah
di akses tanggal 13 November 2014
http://www.bimbie.com/pengaruh-perdagangan-terhadap-perekonomian-dalam-negeri.htm
di akses tanggal 13 November 2014
6 komentar:
Selamat siang
ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com
Saya ingin mengembalikan semua kemuliaan kepada Yang Maha Kuasa atas apa yang Dia gunakan untuk Ibu Rossa lakukan dalam hidup saya, nama saya Mira Binti Muhammad dari kota bandung di indonesia, saya adalah seorang janda dengan 2 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan Sejak saat itu kehidupan menjadi sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba beberapa tahun untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki agunan dan tidak dapat memperoleh pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
Pada hari yang penuh dedakan ini saat saya melewati internet, saya melihat kesaksian Annisa tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ibu Rossa dan saya menghubungi dia untuk bertanya tentang perusahaan pinjaman ibu Rossa dan betapa benarnya pinjaman dari ibu Rossa dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Ibu Rossa dan setelah mengajukan aplikasi pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa rekening saya, uang pinjaman saya utuh dan saya sangat bahagia dan saya telah berjanji bahwa saya akan membantu untuk memberi kesaksian kepada orang lain tentang perusahaan pinjaman ibu rossa, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Rossa melalui email: rossastanleyloancompany@gmail.com dan Anda Bisa juga hubungi saya via email saya: mirabintimuhammed@gmail.com untuk informasi serta teman-teman Annisa Barkarya via email: annisaberkarya@gmail.com
HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR
DARI-rossastanleyloancompany
Apakah Anda memerlukan kredit yang mendesak?
* Sangat Cepat dan Transfer Instan ke rekening bank anda
* Biaya kembali di bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman Anda di bank Anda
akun bank
* Tingkat bunga rendah 2%
* Long term payback (1-20) Long
* Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
*. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
pembiayaan dalam 48Hours setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
dari kru Pada perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang memberikan kemudahan pinjaman gratis kepada individu-individu yang berpikiran tulus, serius, perusahaan, badan hukum dan masyarakat umum dengan tingkat bunga 2%. Kami memiliki akses ke kumpulan uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besarnya, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.
Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak pelayanan yang memberikan kebebasan finansial kepada negara-negara bersatu (PBB).
Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk mendirikan bisnis Anda, belilah rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami via,
E-mail resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
Viber resmi: +15186756750
Instagram resmi: Rossamikefavor
Twitter resmi: Rossastanlyloan
Official Facebook: rossa stanley favor
untuk respon cepat dan cepat ....
Mohon mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7
DATA PEMOHON
1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Jenis Kelamin:
5) Status Perkawinan:
6) Pekerjaan:
7) Nomor Telepon:
8) posisi saat ini di tempat kerja:
9) Penghasilan Bulanan:
10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
11) Durasi Pinjaman:
12) nama facebook:
13) nomor Whatsapp:
14) Agama:
15) Tanggal lahir:
SALAM,
Mrs.Rossa Stanley Favor
ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
Email rossastanleyloancompany@gmail.com
KABAR BAIK!!!
Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.
Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
Sands Casino, Hotel and Spa - Las Vegas - The Star
Located in downtown 메리트 카지노 Las Vegas, Sands Casino, Hotel and Spa is an ideal location for 샌즈카지노 a quick bite 제왕 카지노 to eat or a quick
Posting Komentar